Friday, May 1, 2020

Hak istimewa di Wikipedia bahasa Indonesia

Hak istimewa di Wikipedia bahasa Indonesia

Halo gais ketemu lagi dengan saya yang kece dan keren. Wiuuw 😂

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang hak istimewa yang ada di Wikipedia Indonesia. Bagi yang belum tau apa arti Wikipedia, kamu dapat mengunjungi Apa itu situs Wikipedia? 

Nah langsung saja yuks 

Jadi di wikipedia ada hak atau keistimewaan khusus pada bagian kelompok pengguna. Hak ini ada 2 jenis yaitu hak yang diberikan di Wikipedia tertentu(hak lokal) atau hak yang digunakan untuk seluruh proyek wikipedia (hak global). Dan hak ini di bentuk untuk mempermudah para kontributor yang berniat baik untuk menjaga artikel, supaya tidak di rusak atau tidak mengandung hal-hal yang tidak diinginkan, bukan untuk pamer atau menyombongkan di komunitas wikipedia. Kontributor yang telah cukup aktif tersebut dapat menerima hak tersebut setelah ia memenuhi persyaratan yang telah disepakati bersama. Dan hak tersebut hanya berlaku untuk kontributor yang mendaftarkan akun di Wikipedia.

Saya akan jelaskan sedikit mengenai jenis kontributor yang ada di wikipedia:


  1. Anonim adalah sebutan bagi pengguna/kontributor yang menyunting tanpa memiliki akun. 
  2. Pengguna adalah kontributor yang telah mendaftar atau membuat akun di Wikipedia. Ini adalah hak dasar yang diberikan setelah mendaftar di wikipedia. 
Hak tambahannya ialah :

  1. ​Pengguna Terkonfirmasi Otomatis: hak istimewa bagi pengguna baru agar terbebas dari pemeriksaan captcha atau pemeriksaan robot. 
  2. ​Pengecualian Blokir IP: hak istimewa bagi pengguna yang terkena range block atau terkena efek blokir, padahal ia tidak melakukan kesalahan, hanya terkena efek bloknya saja karena IPnya masuk dalam range. 
  3. Editor : hak istimewa bagi pengguna, sebagai alat untuk membantu memeriksa artikel, hak ini memberikan pilihan pada pengguna untuk menandai revisi dari artikel sebagai terperiksa, valid atau bebas dari vandalisme (kegiatan merusak artikel). Dan hak ini tidak diberikan secara sembarang pengguna, orang yang telah memenuhi syaratnya dapat meminta hak akses ini dengan mudah dan dapat langsung diberikan. 
  4. ​Rollbacker atau pengembali revisi: hak istimewa bagi pengguna, sebagai alat untuk membalikan revisi yang telah repainting ke revisi sebelumnya. Hak ini diperuntukkan untuk membantu dalam menangani tindakan vandalisme. Jika pengguna yang sudah mendapatkan hak editor maka dapat langsung memintanya. 

Mungkin itu saja, yang dapat saya sampaikan mengenai hak istimewa yang ada di Wikipedia Indonesia.
Apabila ingin bertanya jangan segan untuk meninggalkannya di kolom komentar atau Chat Live. 😂
Previous Post
Next Post

0 comments: