Saturday, May 2, 2020

Bentuk penghentian penyuntingan di Wikipedia

Bentuk penghentian penyuntingan di Wikipedia.

Hei sobat keren dan cantik, ketemu lagi dengan saya yang kece ini. Wadawww 😂

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang bentuk penghentian penyuntingan yang ada di Wikipedia Indonesia.
Nah sudah paham kan tentang wikipedia? Dan saya ingatkan bagi yang belum paham silahkan kamu baca apa itu Wikipedia? terlebih dahulu ya, supaya kamu paham di artikel ini.

Di Wikipedia terdapat bentuk pelarangan dan pemblokiran. Nah kali ini saya akan mengenalkan istilah-istilah itu. Bentuk pelarangan ini ada 2, yaitu banned dan blokir.


  1. Blokir (inggris: Block) adalah suatu bentuk sistem pelarangan atau pemberhentian suatu tindakan, dalam hal ini adalah tindakan penyuntingan atau pengeditan suatu halaman. Pemberhentian ini dapat diterapkan pada 2 pengguna, yaitu pengguna anonim dan pengguna yang terdaftar. Dan memiliki 2 sifat yaitu penghentian global dan lokal. Cara kerja sistem ini adalah mencatat alamat IP (bagi pengguna anonim) kita, dan diberhentikan atau diblokir dari penyuntingan. Dan ini juga bersifat global atau lokal, artinya penghentian di seluruh wikipedia dan proyek wikimedia lain atau hanya di salah satu proyeknya saja, ini bisa dilakukan untuk satu alamat IP atau beberapa alamat ip (range IP) . Dan biasanya untuk penghentian global, menyangkut kebijakan open proxy (proxi terbuka). Nah bagi pengguna terdaftar, maka yang dicatat (sasaran) bukan lagi alamat IP(tetapi bisa juga), namun nama atau username yang terdaftar yang akan menjadi sasarannya.
  2. Pelarangan (inggris: Banned) nah untuk yang satu ini spesial dan hanya untuk pengguna yang terdaftar saja dan di berikan pelarangannya hanya untuk keseluruhan proyeknya saja tanpa pengecualian lokal. Artinya banned ini diberlakukan untuk seluruhnya atau global saja, bagi akun yang terdaftar dan username atau nama pengguna yang menjadi sasarannya. 
Untuk bentuk pelarangan diatas diberikan atau diberlakukan sementara atau selamanya, dan biasanya untuk pengguna anonim diberlakukan sementara dan ada kadaluwarsa nya. 

Nah mungkin, itu bentuk penghentian penyuntingan yang ada di Wikipedia Indonesia, jika ada yang belum mengerti, silakan bertanya via komentar atau chat live. 😂
Previous Post
Next Post

0 comments: