Thursday, April 30, 2020

Apa itu situs Wikipedia?

Apa itu situs Wikipedia?

Halo gais kali ini saya akan memperkenalkan kepada kalian semua apa itu Wikipedia

Pernah berfikir dan bertanya dalam diri masing-masing? Apakah kalian tahu Apa itu situs Wikipedia? Dan siapa yang mengoperasikannya? Serta apakah pekerjanya di bayar atau tidak? Lalu dari negara mana asal pekerjanya?

Nah kali ini saya akan menjawab satu persatu ya..

Langsung saja yuks.

Pengertian atau definisi?
Wikipedia adalah ensiklopedia yang dapat disunting bebas oleh siapa saja melalui jaringan Internet. Seperti Wikipedia dalam bahasa lainnya di dunia, Wikipedia bahasa Indonesia mengikuti peraturan-peraturan dasar Wikipedia yang bermula dari bahasa Inggris seperti penulisan artikel dengan sudut pandang netral dan kebijakan yang lainnya. Salah satu bidang di mana Wikipedia Indonesia mempunyai lebih banyak artikel jika dibandingkan versi bahasa lain adalah artikel-artikel wilayah administratif di Indonesia, meskipun banyak yang isinya masih merupakan rintisan saja. Memang dikatakan bahwa penyunting bebas untuk menyunting dengan alasan apapun, namun bebas yang dimaksud bukan seperti itu, maksudnya bebas di wikipedia ini adalah bebas dalam menulis pengetahuan dan disertai sumber yang bisa di pastikan dan diverifikasi. Bebas untuk mengedit, mengubah dan memperbaiki. Beberapa kebijakan penulisan serta cara untuk menulis sudah di paparkan di halaman Kebijakan dan Pedoman Wikipedia.

Lalu siapa yang ikut dan bergabung?
Semua orang dapat bergabung, baik pelajar maupun orang dewasa selama bisa memahami ketentuan penulisan, dan tatacara mengeditnya, maka ia dapat bergabung dengan mendaftarkan akun atau menyunting dengan anonim (tanpa membuat akun). 

Apakah pekerja Wikipedia dibayar atau tidak?
Kalo pekerja kurang enak ya, mungkin sebut saja kontributor (orang yang berkontribusi/menyumbang). Semua orang yang terlibat di wikipedia merupakan volunteer (sukarelawan), jadi tidak ada bayaran sepeserpun alias sukarelawan.

Darimakah para kontributornya?
Kontributor datang dari berbagai negara di seluruh dunia, dan mereka semua adalah sukarelawan yang mengembangkan bahasanya mereka sendiri. Dalam waktu tertentu wikimedia (yayasan yang menaungi proyek-proyeknya salah satunya wikipedia) mengadakan rapat dengan komunitas diseluruh dunia, untuk menciptakan ide atau gagasan baru buat wikipedia atau proyek lainnya ke depannya.

Sudah jelas kan kalian semua? Hehe, nah mungkin segitu yang dapat saya jelaskan, bila ada yang ingin bertanya bisa lewat chat live 😂

Previous Post
Next Post

0 comments: