Thursday, April 30, 2020

Syarat menjadi editor di wikipedia Indonesia

Syarat-syarat menjadi editor di Wikipedia Indonesia

Halo sob ketemu lagi dengan saya yang kece ini. Wadaw 😂

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang cara mendapatkan hak editor yang ada di Wikipedia Indonesia. Bagi yang belum tau apa arti Wikipedia dapat mengunjungi Apa itu Wikipedia? Dan juga yang yang belum mengenal hak-hak istimewa yang ada di Wikipedia, silahkan kunjungi Mengenal hak Istimewa di Wikipedia. 
Nah langsung saja yuks

Hendaknya jika kamu ingin menjadi editor, kamu telah mampu menguasai bahasa dan bentuk artikel yang ada di Wikipedia. 

Sebelum kamu mengajukan hak untuk menjadi editor, maka kamu wajib membaca syaratnya terlebih dahulu. Untuk syarat administratif, akan saya rangkum disini yaitu:

  1. ​Minimal telah mendaftar akun selama 3 bulan sebelumnya. Atau akun kamu telah aktif sebelum mengajukan 3 bulan sebelumnya. 
  2. ​Jumlah mengedit atau menyunting minimal 150 suntingan, selama 3 bulan terakhir. Artinya selama rentang 3 bulan kamu harus seminimal mungkin telah menyunting 150 suntingan. 
  3. ​Jumlah ruang nama minimal 5. Ruang nama atau namespace yang dimaksud adalah ruang nama seperti templat, wikipedia, pengguna, Portal, Pembicaraan pengguna, pembicaraan templat dan sebagainya.
  4. ​Surel atau alamat email harus valid, diset dan di preferensi harus diaktifkan untuk pengiriman oleh pengguna yang lainnya. 
  5. ​Tidak pernah diblokir selama 6 bulan terakhir. Jika pernah maka akan mempengaruhi keputusan. 
​Jika ke 5 syarat diatas terpenuhi tanpa ada masalah maka dalam kurun waktu seminggu, atau kurang kamu bisa diangkat atau diberikan hak editor. 

Lalu bagaimana jika gagal? 
Kamu bisa mengajukan kembali kok, setelah 2 pekan setelah kamu diputuskan ditolak atau belum dapat diberikan hak aksesnya. Dan diteliti lagi syarat apa yang belum lengkap atau bermasalah. 

Nah mungkin, itu syarat-syarat menjadi editor di wikipedia bahasa Indonesia jika ada yang belum mengerti, silakan bertanya via komentar atau chat live. 😂
Previous Post
Next Post

0 comments: